animasi  bergerak gif

Tuesday, April 24, 2012

NEGARAKU YANG “ANEH”


Terdengar lagu kebangsaan disenin pagi..
Lagu yang sekarang mudah untuk kita dengarkan dibandingkan dulu masa penjajahan yang dengan segala perjuangan untuk mengumandangkan lagu ini..
Lagu itu semakin jelas terdengar, dinyanyikan oleh anak-anak kecil yang jaug dari hingar bingar kota dan jarang terjamah oleh “kesejahteraan”..
Berseragam merah putih lusuh, beralas kaki seadanya..
Bendera merah putih yang mulai memudar  sampailah diujung tiang bendera yang terbuat dari bambu.. walau harus berbaris berbagi dengan hewan ternak warga tetapi terasa khidmat..  kesederhanaan yang lebih bersahaja..
Mulailah jam pelajaran, dengan semangat anak-anak memasuki ruang kelas yang mulai lapuk termakan usia dan termakan janji-janji perbaikan sarana dan fasilitas sekolah diseluruh pelosok negeri..
Semangat belajar yang begitu  tinggi, tapi sayang tidak diimbangi dengan semangat untuk pembangunan dan kemajuan.
Pendidikan yang layak, sarana yang layak hanya diperuntukkan bagi mereka  yang  berkantung  tebal..
Miris melihat bangsa ini berkembang.. dimana anak-anak yang cerdas berakhir menjadi “buruh rupiah”.. sekolah mereka harus terputus oleh ketidak mampuan menjangkau mahalnya biaya sekolah, tangan- tangan kecil yang dipaksa untuk mengumpulkan rupiah demi menyambung hidup..
Hidup yang makin lama makin sulit karena ketidak adilan..
Kadang saya berpikir apa sekarang uang menjadi pemenang dari pada otak dan kemampuan..
Untuk sekolah dan berkuliah di institusi pendidikan yang bagus, kini otak harus bersaing keras dengan uang.. untuk menjadi profesi tertentu tidak perlu otak yang pintar, kemampuan dan semangat belajar.. melainkan yang dibutuhkan adalah uang..
Ya.. beasiswa setidaknya intitusi pendidikan masih ada yang menggunakan beasiswa..
Tapi masih belum maksimal yang diharapkan..
Andaikan saja hukum dinegeri ini tajam kepada siapapun tidak seperti sekarang yang tumpul kepada para koruptor-koruptor yang memiliki jabatan dan lagi-lagi “uang” .. mungkin kemiskinan, pendidikan, kesehatan akan menjadi lebih baik..
Karena kita tidak bisa memilih dimana dan bagaimana kita dilahirkan.. kalau boleh memilih tidak satupun orang akan memilih untuk dilahirkan menjadi miskin atau dilahirkan di keluarga yang miskin.. tetapi takdir setiap orang bisa berubah menjadi lebih baik, jika kita semua mau berusaha (yang jujur tentunya), berdo’a dan pantang menyerah..
Kalau negara sudah tidak bisa diharapkan lagi, kita jangan menyerah.. terus maju dan berusahalah sekeras mungkin untuk mengubahnya.. kita mulai dari diri sendiri.. negara ini sudah terlalu carut marut akan hukum yang tidak adil, korupsi, mafia, politik kotor,,
Mari hidupkan hidup kita.. negara kadang tidak peduli tapi kita harus peduli..
Semoga negara ini menjadi lebih dewasa ..
Amieen..

1 comment:

  1. coretan yang bagus syukran bacaanya di nanti tulisan yang membangun semangat perjuangan bangsa

    ReplyDelete