animasi  bergerak gif

Wednesday, April 25, 2012

mengapa gigi berlubang.....???



“Daripada sakit hati, lebih baik sakit gigi ini.. biar tak mengapa” lirik lagu (alm) Meggie Z ...
Bersyukur sekali gag mau, jangan sampe n ga minta sakit gigi..  cukup dengan mendengarkan keluhan pasien aja sudah bisa membanyangkan begitu sakitnya sakit gigi dan bisa buat orang jadi senewen..
Dari lirik lagu diatas keseluruhan pasien yang merasakan betapa sakitnya sakit gigi bilang kepada saya “mending sakit hati bisa nyari pacar lagi, sakit gigi mo nyari gigi syaapeee..???”  xixixixixii keluhan pasien yang sudah senewen karna sakit gigi..
Sebenernya apa yang menyebabkan gigi bisa berlubang..??
Banyak sekali faktor yang menyebabkan gigi berlubang.. untuk kali ini saya ingin menjelaskan yang simpel-simpel saja..
Untuk lebih memahaminya kita kenalan dulu sama bagian-bagian si “gigi” (bukan gigi band yaa...)
Gigi manusia sangat istimewah terdiri dari berlapis-lapis  bagian, yang setiap bagian memiliki fungsi dan struktur yang berbeda ..(lihat gambar penampang gigi)
Bagian-bagian itu antara lain (mulai dari yang paling atas) :
1.      Lapisan pertama gigi disebut email atau enamel
Lapisan pertama gigi ini sangat sangat special.. karena enamel adalah jaringan terkeras dari tubuh kita, lebih keras dari tulang..
Akan tetapi lapisan enamel juga sangat rapuh karena melapisi tipis.
Enamel terdiri dari mineral Hydroxyapatite.. enamel hanya melapisi mahkota gigi.

2.      Lapisan kedua disebut DENTIN
Struktur dentin sama seperti tulang di tubuh kita, oleh sebab itu dentin juga disebut tulang gigi.
Di dalam dentin terdapat banyak canal-canal yang disebut Canaliculi dentinalis atau Tubulus dentinalis yang berjalan secara radier dari rongga pulpa ke email pd mahkota & ke arah sementum pd akar gigi. Didalam canal-canal ini terdapat ujung-ujung syaraf dari rongga pulpa (pulp chamber).

3.      Lapisan ketiga disebut PULPA, rongga pulpa (PULP CHAMBER)
Di dalam rongga pulpa terdapat pembuluh darah, pembuluh limfe dan syaraf-syaraf yang menghantarkan rangsangan ke otak.. bisa dikatakan alarm untuk tubuh kita saat kita makan yang terlalu panas, dingin, manis, asam akan disampaikan berupa rasa “ngilu”..

untuk  penjelasan bagian-bagian yang lain saya tuliskan di postingan yang berikutnya..

kembali ke awal.. kenapa sakit gigi rasanya sangat amat “WoW”..?
plak gigi terbentuk oleh bakteri yang berusaha untuk menempel pada permukaan halus (surface enamel).
gigi berlubang (Caries) adalah penyakit kerusakan jaringan gigi yang disebabkan oleh bakteri salah satunya yg paling terkenal..jeenngg..jeng.. Streptococcus mutans .. bakteri ini mencerna glukosa , fruktosa, laktosa, sukrosa, polisakarida yang terdapat pada makanan yang kita makan menghasilkan hasil akhir berupa asam laktat..
kombinasi plak dan asam laktat inilah yang jika kita biarkan terlalu lama menempel pada permukaan gigi lama-lama mengikis lapisan enamel gigi, sehingga bakteri-bakteri jahat ini menginvasi...seeerrbuuuu...!!! T_T

jika enamel terinfeksi (mulai berlubang) disebut juga Caries enamel (gambar 1), akan terasa ngilu tetapi hanya saat ada rangsangan ( dingin, panas, asam, manis ).. kalo ga ada rangsangan yaaaa.. tidak terasa ngilu. gejala ini awal dari sakit gigi biasanya dinamakan Iritasi pulpa.. tapi bukan berarti diabaikan yaa... segera periksakan gigi..^_^

jika tetep bandel nih, di abaikan lubang yang masih “kulo nuwun” itu.. akan merembet dan menginvasi dentin (lap. 2 gigi)  dan disebut Caries dentin (gambar 2).
Seperti dijelaskan di atas bahwa struktur dentin yang lebih lunak dari enamel, praktisnya enamel yang paling kuat aja udah berhasil di invasi bakteri apalagi dentin.. akan jauh lebih mudah. Jika masih mengenai selapis tipis dentin keluhannya seperti Iritasi pulpa, tetapi jika sudah mengenai lapisan dentin lebih dalam rasa ngilu akan semakin parah karena bakteri-bakteri menyebar melalui tubulus dentin ke pulpa, jadi dalam hal ini sebelum bakterinya masuk ke jaringan pulpa, tetapi baru toksin bakterinya.. keadaan ini dinamakan Hyperaemi Pulpa.. keluhan sakit akan hilang jika rangsangan dihilangkan.. tap tetep yaaa periksakan gigi As soon as posssiiibbbblleeeee...

Masih kekeuh jugaaa di abaikan saja “alarm” nyaa... maka terjadilah saat-saat yang paling menyakitkan, yang bikin ga bisa tidur, ga bisa makan, senewen tingkat tinggi.. yaaa.. invasi bakteri sudah sampai ke Pulpa maka jadilah Caries Pulpa (gambar 3). Sakitnya berdenyut yaaa berdenyut lha pulpa isinya pembuluh darah, syaraf dan pembuluh limfe,,, ga ada rangsangan aja berdenyut apalagi ada rangsangan..  jika saat seperti ini  langsung mendatangi Poli Gigi, dokter gigi akan memberikan obat yang di masukkan ke lubang gigi yang bertujuan untuk “membunuh” syaraf yang terinfeksi, obatnya “keras” jadi harus on time kontrol lagi dan pengobatannya dengan Perawatan Saluran Akar (Root Canal Treatment).  Keadaan ini disebut Caries Pulpa Vital (gambar 3) atau Pulpitis Acute jika berdasarkan keluhannya..

Hadeeuuhhh...udah kesakitan gitu masih juga dibiarkaannn saja dan hanya minum obat penghilang rasa sakit (pain killer)...ckckckckck
Obat penghilang rasa sakit dalam kasus ini fungsinya hanya untuk menghilangkan rasa sakit tetapiiiii tidak menyembuhkan penyakit yang sebenarnya.. jika keadaan ini dibiarkan memang lama-kelamaan “tidak sakit” tetapi sebenarnya syaraf, pembuluh darah dan pembuluh limfe yang ada di pulpa akan mati dengan sendirinya. Yaaa.. di bunuh sama bakteri xixixixxixixi
Keadaan ini dinamakan Caries pulpa Non Vital (gambar 4). Keluhannya sakit seperti tertekan kadang bengkak pada gusi disekitar gigi yang non vital (mati)..
Rasa sakit ini disebabkan karena lubang gigi tertutup oleh sisa makanan, sedangkan bakteri “pembunuh” ini menghasilkan gas indolSkatol. Gas ini menguap dan bau (maaf, busuk), karena terhalang sisa makanan gas ini mencari jalan keluar dan menekan gusi.. inilah yang menyebabkan sakit..
Jika sudah terjadi keadaan yang seperti ini gigi bisa atau tidaknya dipertahankan tergantung pada kekuatan, ketahanan dan utuh tidaknya gigi tersebut..  gigi yang mati atau non vital cenderung lebih rapuh dan gampang patah, tetapi yang patah hanya bagian mahkota gigi saja dan akar gigi masih tertinggal digusi. Jika keadaan yang seperti ini juga di biarkan, akan terjadi kista gigi ..

Jadi mari kita rawat baik-baik ciptaan Tuhan yang special ini.. sebagus dan semahal-mahalnya gigi palsu masih jauh lebih enak dan nyaman gigi asli bikinan Allah..

No comments:

Post a Comment